Sunday, August 11, 2013

Berbagi Inspirasi dari Sepenggal Tulisan Pramoedya Ananta Toer

Penulis ini masih menyisakan banyak tanda tanya untukku. Pasalnya dari banyak bukunya, aku hanya sudah membaca beberapa saja. Sedikit sekali. Buku beliau yang fenomenal adalah tetralogi Pulau Buru. Di rumah kami ada buku itu. Kakakku membelinya.
Buku itu sangat istimewa meskipun aku belum membacanya *hloh*.
Kenapa sampai sekarang aku belumjuga rampung membaca buku itu, ya?? Entah! Saat pulang ke Indonesia nanti, insyaallah aku akan membacanya! Harus! Kenapa? (#ini kenapa juga harus pakai tanda seru banyak?!..haha)
Istimewa,, kakakku mengenalkan buku ini sangat dianjurkan untuk aku baca. Saat PPSMB (masa orientasi kuliah), karenanya aku berhasil menarik perhatian seorang dosen. Ceritanya, diminta menuliskan quote yang disukai. Aku menulis:
"Orang boleh pandai setinggi langit tapi selama dia tidak menulis dia akan hilang dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian". _Pramoedya A. Toer_
Gegara quote itu si Dosen (muda yang baik hati!! :P) praise  aku. Beliau juga lalu bercerita tentang pengalaman beliau saat secara sembunyi-sembunyi membaca novel karya Pramodya Ananta Toer di depan mahasiswa baru lain. hihihi
Lalu, aku jugamenemukan seorang teman yang di kamarnya terletak buku Bumi Manusia karya Pramoedya A.Toer. Saat aku tanya tentang buku itu, temanku menjawab bahwa buku itu adalah hadiah dari ayahnya. Ayahnya menyuruhnya untuk membaca buku itu. "Buku bagus", kata beliau kepada temanku.
Misteri! Buku itu lama sudah tertata di almari buku di rumah. Tapi belum juga aku baca selesai. Dan hari ini aku kepo tentang quotes dari Pramoedya Ananta Toer,, seperti biasa.... >> menemukan banyak di goodreads.
Berikut adalah kutipan-kutipan kalimat dalam buku/novel/tulisan karya Pramoedya Ananta Toer yang aku salin dari Goodreads.

“Setiap pengalaman yang tidak dinilai baik oleh dirinya sendiri ataupun orang lain akan tinggal menjadi sesobek kertas dari buku hidup yang tidak punya makna. Padahal setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan” ― Pramoedya Ananta ToerNyanyi Sunyi Seorang Bisu 2



“Dalam hidup kita, cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian. Kalau tidak punya itu, lantas apa harga hidup kita ini?” ― Pramoedya Ananta Toer


“Kau akan berhasil dalam setiap pelajaran, dan kau harus percaya akan berhasil, dan berhasillah kau; anggap semua pelajaran mudah, dan semua akan jadi mudah; jangan takut pada pelajaran apa pun, karena ketakutan itu sendiri kebodohan awal yang akan membodohkan semua” ― Pramoedya Ananta Toer

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun ?
Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin,
akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.” 
― Pramoedya Ananta Toer

“Life can give everything to whoever tries to understand and is willing to receive new knowledge.” 
― Pramoedya Ananta ToerBumi Manusia

“Painting is literature in colors. Literature is painting in language.” 
― Pramoedya Ananta ToerBumi Manusia

“Hidup dapat memberikan segala pada barang siapa tahu dan pandai menerima.” 
― Pramoedya Ananta ToerBumi Manusia

“There is no love that appears suddenly out of the blue, because love is a child of culture, not a stone dropped from heaven.” 
― Pramoedya Ananta ToerBumi Manusia

“Do not underestimate the human being, who sometimes appears so simple. Even with sight as sharp as an eagle, a mind as sharp as a razor, senses more powerful than gods, hearing that can catch the music and the lamentations of life, your knowledge of humanity will never be total.”
― Pramoedya Ananta ToerBumi Manusia

No comments:

Post a Comment

Name
comment